2 Cara Menciptakan Daftar Isi Otomatis Pada Office Word 2007+ (Rapi)
Daftar isi, merupakan salah satu elemen penting dari sebuah buku, yang bertujuan biar pembaca sanggup mengetahui keseluruhan dari isi buku.
Nah, bagaimana cara Anda membuat daftar isi dikala lagi mengetik di Office Word? Apakah masih cara manual?
Saya sendiri dahulu juga masih melakukannya secara manual.
Seluruh subjudul pecahan pada buku, admin tulis kembali pada halaman daftar isi. Lumayan cukup bikin repot.
Tapi itu dahulu, dan kini tak lagi. Karena ternyata ada cara untuk membuat daftar isi otomatis menggunakan Microsoft Word.
Yup, Microsoft Word, memang mendukung pembuatan daftar isi secara otomatis, yang bergotong-royong sudah usang dari dahulu ada. Tapi pembuatan daftar isi ini harus dilakukan dengan cara tertentu.
Dan pada tutorial berikut ini admin ingin membahas hal tersebut.. Yakni bagaimana cara membuat daftar isi otomatis menggunakan Software Office Word versi 2007.
Tutorial ini ditujukan untuk Anda yang belum paham, serta lagi membuat makalah, jurnal, skripsi, buku atau dokumen lainnya.
Langsung saja, berikut caranya :
Sebelum melangkah ke cara buat daftar isi otomatis, Anda harus terlebih dahulu memberi Heading dan Subheading pada dokumen Anda.
Heading dan Subheading ini berfungsi untuk memilih mana yang judul, dan mana yang subjudul. Fungsinya untuk membuktikan halaman untuk satu pembahasan tertentu biar lebih gampang dibaca.
Caranya, Anda sanggup memberi heading dengan cara memberi judul pada satu pembahasan, dan memberi subheading apabila terdapat pembahasan lebih detail. Misalnya menyerupai ini :
Gambar diatas hanyalah contoh. Anda harus menyesuaikan heading dan subheading dengan dokumen Anda, alasannya yaitu admin yakin niscaya kadang ada yang berbeda layoutnya.
Nah, apabila Anda sudah membuat heading dan subheadingnya, lanjut lagi ke langkah berikutnya :
Sebenarnya membuat daftar isi otomatis pada Microsoft Word 2007 ini sangatlah mudah. Daftar isi, bila dalam bahasa Inggris berarti 'Table of contents'. Nah, pada Word 2007 terdapat opsi Table of Contents yang didalamnya terdapat fitur automatic table.
Langkah 1 : Pertama, silakan buka terlebih dahulu Office Word 2007 Anda, kemudian buka dokumen yang ingin Anda beri daftar isi (Dan sudah diisi heading dan subheading).
Langkah 2 : Klik pada pecahan kosong dimana Anda ingin membuat daftar isinya (Misalnya di pecahan atas) :
Langkah 3 : Selanjutnya, lihat pada menu.. >> Klik References >> Kemudian klik Table Of Contents >> Kemudian pilih model table yang Anda inginkan, antara Automatic Table 1 atau Automatic Table 2 :
Langkah 4 : Jadinya menyerupai ini :
Praktis bukan? dan menyerupai yang Anda lihat, heading dan subheading yang gres saja telah dibuat, akan secara otomatis masuk ke dalam daftar isi tersebut. Sesampai kemudian Anda tak perlu repot-repot lagi mengisinya secara manual.
Nah, bagaimana cara Anda membuat daftar isi dikala lagi mengetik di Office Word? Apakah masih cara manual?
Saya sendiri dahulu juga masih melakukannya secara manual.
Seluruh subjudul pecahan pada buku, admin tulis kembali pada halaman daftar isi. Lumayan cukup bikin repot.
Tapi itu dahulu, dan kini tak lagi. Karena ternyata ada cara untuk membuat daftar isi otomatis menggunakan Microsoft Word.
Yup, Microsoft Word, memang mendukung pembuatan daftar isi secara otomatis, yang bergotong-royong sudah usang dari dahulu ada. Tapi pembuatan daftar isi ini harus dilakukan dengan cara tertentu.
Dan pada tutorial berikut ini admin ingin membahas hal tersebut.. Yakni bagaimana cara membuat daftar isi otomatis menggunakan Software Office Word versi 2007.
Tutorial ini ditujukan untuk Anda yang belum paham, serta lagi membuat makalah, jurnal, skripsi, buku atau dokumen lainnya.
Langsung saja, berikut caranya :
Membuat Heading dan Subheading pada dokumen
Sebelum melangkah ke cara buat daftar isi otomatis, Anda harus terlebih dahulu memberi Heading dan Subheading pada dokumen Anda.
Heading dan Subheading ini berfungsi untuk memilih mana yang judul, dan mana yang subjudul. Fungsinya untuk membuktikan halaman untuk satu pembahasan tertentu biar lebih gampang dibaca.
Caranya, Anda sanggup memberi heading dengan cara memberi judul pada satu pembahasan, dan memberi subheading apabila terdapat pembahasan lebih detail. Misalnya menyerupai ini :
Gambar diatas hanyalah contoh. Anda harus menyesuaikan heading dan subheading dengan dokumen Anda, alasannya yaitu admin yakin niscaya kadang ada yang berbeda layoutnya.
Nah, apabila Anda sudah membuat heading dan subheadingnya, lanjut lagi ke langkah berikutnya :
1. Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis Pada Office Word 2007
Sebenarnya membuat daftar isi otomatis pada Microsoft Word 2007 ini sangatlah mudah. Daftar isi, bila dalam bahasa Inggris berarti 'Table of contents'. Nah, pada Word 2007 terdapat opsi Table of Contents yang didalamnya terdapat fitur automatic table.
Automatic table inilah yang nantinya akan kita buat, untuk dijadikan sebagai daftar isi.
Untuk caranya, silakan ikuti langkah-langkah berikut :
Langkah 1 : Pertama, silakan buka terlebih dahulu Office Word 2007 Anda, kemudian buka dokumen yang ingin Anda beri daftar isi (Dan sudah diisi heading dan subheading).
Langkah 2 : Klik pada pecahan kosong dimana Anda ingin membuat daftar isinya (Misalnya di pecahan atas) :
Langkah 3 : Selanjutnya, lihat pada menu.. >> Klik References >> Kemudian klik Table Of Contents >> Kemudian pilih model table yang Anda inginkan, antara Automatic Table 1 atau Automatic Table 2 :
Langkah 4 : Jadinya menyerupai ini :
Praktis bukan? dan menyerupai yang Anda lihat, heading dan subheading yang gres saja telah dibuat, akan secara otomatis masuk ke dalam daftar isi tersebut. Sesampai kemudian Anda tak perlu repot-repot lagi mengisinya secara manual.
Cara Merapihkan Daftar Isi
Langkah terakhir, Anda tinggal merapihkan daftar isi yang telah dibentuk tersebut. Untuk merapihkannya tinggal diadaptasi dengan kebutuhan saja.
Nah, untuk yang penting-pentingnya, cukup Anda sanggup melaksanakan hal berikut :
- Mengganti judul daftar isi : Klik pada goresan pena Content atau Table of content kemudian sesuaikan ganti tulisannya menyerupai biasa :
- Menggeser judul ke pecahan tengah : Lakukan blok pada goresan pena judul, kemudian klik Ctrl + E :
- Memberi Bold : Klik pada goresan pena yang ingin ditebalkan, kemudian klik Ctrl + B :
- Mengupdate Table : Jika Anda melaksanakan perubahan penomoran halaman atau perubahan pada heading / subheading, admin sarannkan untuk klik Update Table >> Lalu klik Update Page number (Halaman) atau Update entire table (Keseluruhan daftar isi)
Nah, dengan begitu secara otomatis daftar isi akan berubah menyesuaikan apa yang telah Anda ubah sebelumnya. Dengan catatan, untuk Update entire table, penggantian judul heading, subheading dan bold yang telah dilakukan nanti akan hilang.
2. Cara Membuat Daftar Isi Titik-Titik Otomatis Di Microsoft Word 2007
Kurang cocok dengan cara gres saja atau punya layout dokumen yang berbeda? Nah, cukup Anda sanggup membuat daftar isinya secara manual.
Ya, daftar isi pada Word, juga sanggup dibentuk secara manual. Namun yang paling repot, itu merupakan mengetik titik-titiknya yang notabene cukup kaya.
Nah, menggunakan cara ini Anda sanggup membuat daftar isi titik-titik secara otomatis menggunakan Office Word 2007 :
Langkah 1 : Pada dokumen Anda, buat halaman kosong di page 1, kemudian klik references >> Table of contents >> kemudian pilih Manual table :
Langkah 2 : Nanti Anda akan melihat Table Of Contents menyerupai berikut :
Langkah 3 : Sebagaimana yang Anda lihat, daftar isi tersebut masih belum rapih dan pastinya belum sesuai dengan dokumen Anda.
Sekarang Anda tinggal mengganti judul, memberi spasi serta menyesuaikan nama dan halamannya saja. Contohnya menyerupai ini :
Nah, gampang bukan? Ketimbang mengetik secara full manual, menggunakan cara ini jauh lebih simpel. Anda tinggal merubah sedikit pecahan daftar isinya saja juga sudah cukup.
Penutup...
Demikian, sedikit gosip dari admin wacana bagaimana caranya untuk membuat daftar isi di Microsoft Office Word 2007 secara otoomatis.
Pada tutorial ini, admin buat langkah-langkahnya sesimpel dan seterang yang admin dapat. Karena itu, cukup ada perlu sedikit penyesuaian kembali pada dokumen Anda.
Kesimpulannya secara basic, membuat daftar isi itu taklah sulit. Hanya saja menyesuaikan daftar isi dengan dokumen yang telah dibentuk itulah yang cukup perlu dipahami.
Nah, apabila ada langkah yang tak dimengerti, silakan tanyakan lewat kotak komentar dibawah,
Semoga bermanfaat,
Pada tutorial ini, admin buat langkah-langkahnya sesimpel dan seterang yang admin dapat. Karena itu, cukup ada perlu sedikit penyesuaian kembali pada dokumen Anda.
Kesimpulannya secara basic, membuat daftar isi itu taklah sulit. Hanya saja menyesuaikan daftar isi dengan dokumen yang telah dibentuk itulah yang cukup perlu dipahami.
Nah, apabila ada langkah yang tak dimengerti, silakan tanyakan lewat kotak komentar dibawah,
Semoga bermanfaat,
0 Response to "2 Cara Menciptakan Daftar Isi Otomatis Pada Office Word 2007+ (Rapi)"
Post a Comment